Monday, August 17, 2009

INFORMASI MUDIK LEWAT JALUR SELATAN

Pada tanggal 12 Agustus 2009, saya berangkat ke Blitar dari Bandung. Berikut ini pantauan selama perjalanan ke Blitar pulang pergi.
Berangkat jam 10 pagi, dari rumah langsung masuk tol buah batu keluar cileunyi. Kondisi tol lancar dan ada SPBU dan rest area sebelum keluar tol cileunyi. Sampai di perbatasan antara rancaekek dan cicalengka (sebelum masuk ngagrek)ada perbaikan jalan yang bikin antrian panjang. Lumayan, bisa habis 30 menit untuk melewati jalan ini. Dugaan saya, perbaikan dan pelebaran jalan ini untuk memperlancar arus mudik 2009. Semoga waktu H-7 sudah selesai dan bisa digunakan.

Sepanjang limbangan banyak rumah makan, seperti asep stroberi, racik desa, ampera, mergosari dan lain-lain. Kondisi jalan juga bagus, kecepatan aman sekitar 50 - 80 km per jam. Memasuki wilayah ciamis jalanan cukup mulus dan lurus, tapi hati-hati banyak perempatan jalan.

Memasuki area majenang (setelah rumah makan pringsewu wanareja) jalanan bergelombang dan sempit. Perlu hati-hati apalagi melewati perbukitan yang jalannya berkelok-kelok. Di daerah Majenang ada POM Bensin pasti pas yang ada atm BCA-nya. Cukup nyaman untuk istirahat sejenak. Bahkan di sini juga ada jasa tukang pijitnya.
Dari karangpucung sampai wangon jalannya sudah bagus meskipun ada bekas-bekas lubang yang baru di tambal sehingga menyebabkan jalanan bergelombang... hati pas jalan gelombag ini. Setelah wangon di daerah banyumas ada POM Bensin dan rest area baik di sisi kiri maupun di sisi kanan. Bisa istirahat sejenak setelah menempuh jalan berkelok-kelok dan naik turun serta membeli perlengkapan maupun snack di minimart-nya.

Jalan menuju purworejo dari banyumas relatif bagus, lurus dan cukup sepi.... tapi hati-hati karena jalur ini juga dilewati bus umum yang kenceng-kenceng. Purworejo - Yogyakarta bisa dikatakan sudah siap menampung arus mudik. Jalanan bagus dan lurus. Demikian juga jalan dari purworejo sampai magelang relatif bagus.

Untuk mobil-mobil yang berbahan bakar pertamax, perlu diperhatikan dimana akan mengisi bahan bakarnya. Kalau bisa sebelum berangkat di isi penuh, karena harga pertamax di jawa tengah lebih mahal di banding di jawa barat. Beberapa POM Bensin yang menjual pertamax sepanjang jalan bandung - magelang di ataranya adalah:
- SPBU Majenag (Sebelah kanan jalan dari arah bandung), ada ATM BCA-nya.
- SPBU Banyumas
- SPBU di sepanjang jalan lingkar luar kebumen
- SPBU magelang dekat SMA Taruna
- SPBU ke arah yogyakarta cukup banyak yang menjual pertamax.

Sepanjang jalan banyak toko-toko swalayan semacam Indomart dan Alfa mart. Di toko-toko ini pembelian bisa menggunakan atm bca, bahkan bisa tarik tunai. Sebaiknya dan kalau ada....he he he... taruh uangnya di BCA, karena menurut pantauan saya sepanjang jalan cukup banyak atm BCA di bandung atm bersama. Memang banyak bank BRI tapi tidak ada atm-nya.

No comments: