Friday, January 15, 2010

Wisata Kawah Putih - Ciwidey

Ciwidey merupakan lokasi wisata alam yang berada di Bandung bagian selatan. Di daerah ciwidey ini banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Diantaranya Kawah Putih, Kolam Renang air panas, dan Situ Patenggang.




Pada tanggal 2 Januari 2010, kami sekeluarga berangkat ke ciwidey dengan tujuan petik strawbery, kawah putih dan situ patenggang. Berangkat dari bandung jam 7 pagi ke arah soreang terus masuk ke wilayah ciwidey. Perjalanan cukup lancar sampai agak tersendat ketika memasuki persimpangan ke arah kawah putih. Antrian mobil dari mulai pertigaan pintu masuk tidak jalan sama sekali. Setelah di tanyakan ke petugas, ternyata karena parkir di atas (area kawah putih) penuh dan hanya cukup untuk 300 mobil. Alternatifnya, banyak pengunjung yang menggunakan jasa angkutan khusus untuk naik ke atas. Berhubung bawa bayi.... maka kami putuskan untuk menunggu saja.

Setelah menunggu sampai satu jam, baru dapat giliran untuk naik. Kurang lebih 500 meter sebelum area parkir kawah putih, terjadi antrean panjang. Akhirnya mobil kita parkir saja di pinggir jalan. Berhubung saya dan istri sudah sering ke kawah putih dan hujan rintik-rintik, akhirnya saya dan istri menunggu di mobil saja sedangkan yang lainnya menghilangkan rasa penasaran nekad ke kawah putih meskipun hujan rintik-rintik.



Cukup lama juga kami menunggu di pinggir jalan ini sampai hujan cukup lebat datang. Karena hujan lebat, banyak pengunjung yang cepat-cepat turun kawatir kabut. Kami sebenarnya juga ingin langsung turun, tapi sulit karena mobil hyundai H1 nggak bisa putar balik alias kebesaran mobilnya, mau tidak mau harus naik ke atas untuk putar balik. Pas sampai di atas cuaca berubah drastis dan cerah. Akhirnya nggak jadi turun tapi malah liah lagi kawah putih.



Rencana semula, setelah dari kawah putih akan ke situ patenggang. Akan tetapi berhubung hari sudah sore dan hujan cukup lebat, akhirnya kita putuskan pulang saja. Di ciwidey kita mampir ke rumah makan khas sunda "Sindang Reret". Lokasinya sebelum Masjid Ciwidey..... sebelah kanan dari arah kawah putih. Koordinatnya 7d 6' 23.85"S dan 107d 27' 21.66"E.

No comments: