Saturday, December 26, 2009

Wisata di Cirebon

Cirebon yang terletak di pinggiran provinsi jawa barat ternyata mempunyai makanan yang enak-enak. Sebut saja Empat Genthong, Empal Asem, Nasi Jamblang, dan lain sebagainya.

Empal Gentong yang enak di Bu Darma, Lokasinya di 6°41'59.30"S; 108°33'13.38"E Penghujung jalan Siliwangi belok kiri sebelum rel kereta api. Di cirebon ada beberapa yang mengaku empal gentong Mang Darma. Sebenarnya Mang Darma-nya sendiri sudah tidak jualan dan digantikan oleh istrinya dan di ubah jadi Bu Darma. Ada juga di Stasiun Kejaksaan yang namanya Putra Mang Darma, tapi saya sendiri tidak tahu apakah ini asli putranya atau bukan. Ketika mencoba di Putra Mang Darma memang tidak seenak di Bu Darma.

Empal Gentong yang enak lainnya di Amarta jalan raya Majalengka - Cirebon setelah perempatan TRUSMI jika dari arah Bandung. Di Amarta ini yang terkenalnya bukan empal gentong tapi Empal Asem, rasanya mak-nyus. Disini juga jual sate kambing, tapi rasanya kurang pas di lidah. Nak kalau mau sate kiloan yang enak di cirebon di Sate Bang Jack jalan Setiabudhi.

Di seberang Sate Bang Jack ada restoran seafood yang enak, namanya Ola-Ola Setiabudi. Menu favoritnya Udang Bakar dan Kepiting Asoka. Harganya wajar dan cukup nyaman lokasinya. Bagi penggemar seafood bisa juga coba di seafood Pak Moel di jalan Cipto seberang Carefour.


Nasi Jamblang yang terkenal di cirebon di jalan Cipto depan Grage Mall, namanya "Nasi Jamblang Mang Dul". Warungnya di ruko warna hijau, bukanya pagi, Siang sudah tutup.






Di cirebon juga terkenal dengan batiknya, batik trusmi namanya.

No comments: